Senin, 11 September 2017

Jadi Penjahit Kebaya Yang Professional

Dulu sebelum aku menjadi penjahit, aku lebih tak jarang disedihkan sama yang namanya penjahit loh ! hampir tak ada penjahit atau Tempat Jahit yang sangatlah memuaskanku. Dari hal-hal mendasar hingga dengan hal-hal kecil, ada aja yang bikin aku sebel. Berbagai faktor yang bikin aku sebel umpama :

Jadi Penjahit Kebaya Yang Professional

• tak tepat waktu. Kalau terbukti tak mampu untuk mengerjakan jahitan semacam Jahit Kebaya tepat pada waktunya ya bilang aja tak dapat atau ditolak, kan aku dapat nyari penjahit yang lainnya.Semakin, kadang-kadang persoalan ini (waktu berakhirnya) dijadikan senjata oleh penjahit tsb untuk meminta ongkos lebih, dengan argumen tak sedikit orderan, dirinya minta ongkos lebih agar dapat menjahitkan baju atau Jahit Kebaya Pengantin kami padahal lagi nggak ada orderan

• kelebihan bahan Jahit Kebaya tak dikembalikan. Maksudku, kan tak sedikit orang yang tak tahu ukuran bahan yang di butuhkan untuk membikin suatu  baju, nah kadang sisa bahan tetap tak sedikit, nah cuma jarang penjahit yang mau mengembalikan sisa bahan Kebaya Pengantin itu ke pemiliknya. Faktor itu sempat aku alamiah sendiri, cuma waktu itu aku belum tahu berapa tak sedikit bahan yang diperlukan untuk membikin suatu  baju (salah aku juga sih tak sempat bertanya ke penjahitnya). Padahal sisa-sisa bahan itu dapat kami kegunaaankan umpama untuk celana anak, baju anak dll.

• tak memberbagi saran atas model/bahan jahitan Kebaya Pengantin. Walapun bukan designer, setidaknya penjahit itu dapat memberbagi saran lah, umpama model baju semacam ini tak tepat untuk orang gemuk atau corak serta warna bahan semacam ini tak tepat untuk model baju semacam ini atau kasih saran untuk milih bahan yang enak digunakan. Jangan hingga sang pelanggan semacam orang yang tertipu, begitu pakaiannya atau Jahit Kebaya Pengantin sehingga hasilnya tak semacam yang diinginkan, tapi sang penjahit tak mau tahu serta tetap minta ongkos.

• ini yang paling aku sebel…….kalau kami minta sedikit aja ada yang diubah hasil jahitan Kebaya Pengantin kita, itu penjahit langsung sewot…..baru mau diterima kalau kami bersedia memberi ongkos tambahan, penjahit semacam ini butuh pelanggan nggak sih ?

Nah aku sendiri sih berharap dapat menjadi penjahit atau Tempat Jahit yang baik, yang dapat memuaskan keinginan semua pelanggan.